Laman

Kamis, 28 Maret 2013

instalasi WAN


WAN (Wide Area network) merupakan sistem jaringan luas yang menghubungkan beberapa LAN dan MAN serta mencakup sebuah negara dan benua. contoh WAN yang paling terkenal adalah internat
internat (Interconnected-Neteorking) adalah sistem global seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakn standar internet protocol suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia,
agar kamu dapat mengakses internat (WAN) dibutuhkan provider jaringan atau perusahaan jasa penyedia komunikasi (common carrier).
teknologi internat ini ternya ta banyak di gunakan di kantor kantor, sekolahan, perusahaan, dan di gedung gedung.


WAN hanya menekankan pada fasilitas kecepatan akses transmisi(perpindahan) data sehingga dapat memberikan kemudahan dalam komunikasi. beberapa kelebihan WAN antara lain:
1. adanya FTP (file trnsfer protocol) yaitu fasilitas yang memungkinkan teransfer file dari tempat yang berjauhan dapat berlangsung apabila terhubung dengan internet.
2. mempunyai jangkauan yang sangat luas hingga seluruh dunia.

WAN di rancang untuk bekerja pada eilayah yang sangat luas melalui akses antarmuka yang berurut pada kecepatan rendah, menyediakan koneksi jaringan secara penuh/paruh waktu dan menghubungkan perangkat yang terpisah sangat jauh sehingga dapat berkomunikasi.
pada umumnya WAN lebih rumit jika di bandingkan dengan LAN maupun WaN. hal tersebut di sebabkan WAN menggunakan banyak sekali sarana untuk menghubungkan komunikasi global.
berikut ini ada beberapa instalasi penting yang berkaitan dengan proses pada WAN:

1. Central Office, yaitu fasilitas perusahaan penyedia jasa WAN pada pelanggan.
2. CPE (Costomers Presmise Equipment) yaitu perangkat yang terdapat di lokasi pelngan, meliputi pearalataan milik pribadi pelanggan maupun peralatan sewan yang di miliki oleh perusahaan.
3. DTE (Data Terminal Equipment) dan DCE (Data Communication Equipment atau Data SCircui-Terminating Equipment). DTE dan DCE merupakan perangkat keras komunikasi data.
a. DTE (di sebut juga sirkuit ekor) merupakan tempat informsi masuk atau keluar bagi pengguna (pemakaian jasa lainnya) maupun komputer.
  DTE dapat berupa terminal (misalnya papan tombol printer, papan tombol-video display , line printer) konverterprotocol, rauter, bridgw, ataupun peralatan komputer.
b. DCE merupakan perangkay yang di letakaan dia ntara DTE dan sirkuit transmisi data.perangkat tersebut di miliki oleh penyedia asa layanan WAN, di sewa oleh pemakai jasa lainnya, dan beada di tempat pemakai jasa lainnya.
  DCE dapat berupa modem, DSU/CSU, NT1, multiplexer dan paket swicher (untuk layanan frame reley). fungsi DCE adaah mentranslasikan data dai DTE menjadi data yang mudah di pahami oleh protokol WAN.


*adaberbagai macam perangkat WAN: 
1. ROUTER
router adalah sebuaah alat yang mengirikan paket data melalui sebuah jaringan atau internet menuju tujuannya melalui sebuah proses yang di sebut routing.
kelebihan alat tersebut adalah dapat menerima, menganalisis, dan mengirimkan paket data melalui jaringan. Rauter dapat mengirimkan data dalam berbagai antar muka jaringan dan olehsebab itu router lebih bagus dari pada swich
yang hanya sebaga penghubung antar komputer(antar hub)

2. CSU/DSU (Chanel services unit/data services unit) adalah lat antar muka yang di gunakanuntuk meghubungkat perangkat pengguna ke perangkat DTE, misalnya dari router ke transmisi atau sirkuit digital (T1)
CSu berfungsi untuk menghubungkan peralatan pengguna dengan jaringan digital telpon, sedangkan dsu berfungsi untuk menyesuaikan antarmuka fisisk dari DTE ke fasilitas transmisis dan mengatur waktu jaringan, Biasanya CSU/DSU tergabung menjadi satu perangkat
atau di bentuk dalam bentuk kartu muka antara router.

3. modem (modulator - demodulator)
istilah modem merupakan singkatan dari modulator dan demodulator.modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakuakn proses modulasi, yaitu proses menumpangkan data pada sinal informasi (pesan) ke sinyal pembawa agar dapat di kirim ke penerima melalui media tertentu
(media kabel atau udara). data yang berasal pada komputer berbentuk sinyal digital dan akan dirubah menjadi sinyal analog sebaliknya demoduator mempunyai fungsi demodulasi yaitu prosesmendapatkan kembai data atau proses membaca data pada sinyal yang di terima pada pengirim.
dalam demodulasi sinyal pesan di psahkan dari sinyal pembaewa berfrekuensi tinngi data yang berupa sinyal analog di ubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima. oleh karna modem menggabungkan fungsi modulator dan demodulator maka modem merupakan alat omuniaksi dua arah.

4. comunacation server (commserer;erver komunakasi)
server komunikasi merupakan server khusus yang di gunakan untuk melakukan proses dial in/out bagi semua pengguna yang tergabung denga jaringan. server komunikasi mempunyai beberapa antar muka analog dan digital yang mampu melayani beberapa pengguna sekaligus dalam WAn. server komunikasi berfungsi agar
pengguna dapat melakukan dial dari lokasi remote sehingga dapat terhubung ke LAN.

5. SWICH ATM
siwch atam ( Asynchrouns Transfer Mode) merupakan peralatan yang di gunakan untuk menyediakan ternsfer data berkecepatan tinggi (hingga 1.000) Mbs yang banyak di gunakan pada LAN dan WAN. dengan adanya swich atm, kamu dapat mentransfer dokumen berukuran besar gambar dan kompleks dan video bersuara tepat
waktu tanpa harus menunggu lama. swich WAN berupa perangkat multiport yang mempunyai banyak port internet working untuk berbagai bentuk jaringan.

6. multiplexer
multiplexer merupakan perangkat yang berfungsi untuk mentransmisikan beberapa sinyal melalui sebuah sirkuit dan mentransfer data (suara, data , video atau text) secara terus menerus pada jaringan.

7. switch X.25 dan frame relay
merupakan sebuah protokol yang sudah di gunakan untuk pengiriman data pada jaringan publik menggunakan sinyal digital. perangkat tersebut bekerja seperti swich ATM, Tetapi kecepayan transfernya lebih lambat protokol X.25 dan frmerelay memakai sirkuit virtual sebagai jalur
komunikasi data khusus. enkapsulasi paket data frame ralay menggunakan identitas koneksi yang di sebut DLCI (data link connection identifier)


*pengertian routing:
routing merupakan proses pengiriman (penyampaian) paket data ke jaringan yang di tuju ( dari suatu host ke host ) yang lain tetp berbeda subnet) yang di lakkan oleh router. rauting bertanggung jawab untuk membaewa data dan melewai sekumpulan jaringan dengan menggunakan dan memilih jalur yang terbaik untuk
dapat di lewati oleh suatu data.

-berikut ini ada beerapa informasi yang harus di ketahui oleh perangkay rauter dalam melakukan routing:
a. alamat tujuan yang akan di cari rout nya.
b. mengenal sumber informasi yang berasal dari router lain.
c. menemukan rout atau jalur yang harus di tempuh sehingga sampai tujuan.
d. pemilihan rout terbaik untuk sampai ke tujuan.
e. menjaga informasi ruteing, yaitu menjaga dan mengetahui rute yang paling sering di lalui untuk sampai ke alamat yang di tuju.

*pengertian tabel rauting 
tabel rauting merupkan tabel yang di gunakan untuk mengetahui port-port yang akan di gunakan untuk meneruskan paket data ke alamat tujuan. pada proses pengiriman paket paket terebut, sebuah rutor akan mempelajari semua informasi routing (termasuk sumber dan tujuan paket) kemudian di tempatkan ke dalam tabel rauting.
untuk jaringan terhubung langsung ke router, maka rauter secara otmatis mengetahui port port yang akan di gunakan untuk routing.


*jenis konfigurasi rauting
-rauting statis : rauting statis merupakan jenis rauting yang di lakukan oleh administator jaringan untuk mengonfigurasi informasi tentang jaringan yang di tuju secara manual.
-rauting diamis : rauting dinamis adalah komunikasi yang terjai di antara rauter yang protokol rauting mengijinkan router untuk berbagi informasi dan koneksi dalam jaringan.

*bentuk rauting : 
bentuk rauting ada dua macam yaitu rauting langsung dan rauting tidak langsung.
a. rauting langsung (direct rauting) merupakan proses pengrima paket dari sumber ke tujuan yang terletak pada jaringan fisik yang sama.
b. rauting tidak langsung ( indirect rauting ) merupakan routing yang terjadi pada proses pengiriman paket dari sumber ke tujuan secara tidak langsung.

*Membuat desain awal wan
dalam mendesain wan, kamu harus mempertimbangkan dua hal penting, yaitu desain infrestuktur jaringan yang membangun WAN (topologi yang di gunakan ) dan penempatan server data. kofigurasi wan mengguakan topologi bintang (star), topologi pertial mesh, atau topologi fullmesh

PERANGkAT LUNAK PEMBUATAN DESAIN WEB,
perangkat yang harus di siapkan membuat desain awal WAN adalah router, sebagai perangkat utama WAN beserta komponen komponen yang di milikinya sebagai berikut.

A. CPU:
cpu merupakn komponen utama router di sebut sebagai miccroprocessor atau otak perangkat jaringan. tugas CPU adalah menjalakan intruksi intruksi dalam sistem operasi misalnya melakukan instalasi sistem, melakukan proses rauting, dan melakukan proses kontrol
penghubung yang ada pada jaringan.

B. RAM :
RAm merupakan komponenyang memiliki ruang memori untuk menjalankan fungsi router, yaitu memberikan informasi tentang tabel routing, proses cace fast switces, dan konfigurasi yang sedang berjalan pada proses transfer paket.

C. FLASH : 
flash merupakan memori yang di gunakan untuk menyimpan image IOS (internetworking operating system)

D. NVRAM : 
NVRAM (Nonvolatile Random Acses Memory) di gunakan untuk menyimpan konfigurasi starttup. komponen tersebut di gunakan sebagai flash untuk proses boting. tidak seperti RAM isi NVRAM tidak akan hilang meskipun router dalam keadaan di matikan atau reset ulang seperti.

E. Bus : 
kebanyakan router berisi sebuah sistem bus dan cpu bus, sistem bus di gunakan untuk komunikasi antara CPU dan antar muka, yaitu sistem bus mengirimkan data dari / ke antar muka.

F. ROM : 
ROM (Read Oliy Memori) di gunakan untuk menyimpan secara permanen kode stsrt tub diagnostic (ROM MONITOR)

G. ANTARMUKA :
antarmuka di gunkan untuk menyambungkan koneksi roter keluar. antar muka WAn termasuk serial, ISDN, dan Intergrated Chanel Services Unit (CSU)

H. POWER SUPLAY :
power suplay merupakan sumber tenaga yang di gunakan untuk mengoprasikan komponen di dalam router.

Tidak ada komentar :